aksara jawa #1

kita sebagai orang Jawa atau terlahir dari suku Jawa khususnya saya sendiri, pastinya tidak asing dengan tulisan (aksara) jawa. aksara jawa merupakan warisan dari pendahulu (leluhur) kita, jadi sepantasnyalah kita melestarikan dan tetap menjaga keberadaan aksara jawa ini agar tidak runtuh dimakan waktu. dan supaya kita selalu ingat bahwa ini juga merupakan warisan budaya negeri kita. kita sepatutnya bangga dengan apa yang kita miliki sekarang.

di Jepang ada huruf kanji, di Korea ada hangeul, orang Tionghoa punya hanzi, nah kita orang jawa punya aksara jawa juga. bentuk tulisan kita juga berbeda dengan mereka. walaupun hanya ada dua puluh huruf saja, tapi masih ada sandhangan atau huruf pelengkap yang lain.

tidak sulit untuk belajar aksara jawa. bisa dimulai dengan belajar menulis terlebih dahulu. langkah awal, kita mengenal huruf2 dasarnya.

(picture taken from)

kita pelajari dan hafalkan satu per satu. biar lebih mudah, hafalkan dan coba tulis per baris. lalu coba tuliskan di selembar kertas atau yang lain tanpa melihat gambarnya. diulangi terus-menerus sampai benar2 hafal dan lancar menulis, lalu lanjut ke baris berikutnya. begitu seterusnya. setelah mencapai baris keempat, coba diulang lagi dari baris satu sampai empat tanpa melihat gambarnya juga.

pasti lama kelamaan bisa lancar, rutin latihan aja. nah, belajar nulisnya sampai sini dulu aja ya. nanti lanjut di posting berikutnya, ditunggu yak! =))
-keep fighting, keep trying, and keep smiling =DD


3 komentar:

santideje. Diberdayakan oleh Blogger.

Majalah Terasolo Edisi 6 | Maret 2014

 

Happy Time :D


Get your own Digital Clock

Category

about.me

Followers